Lima Langkah Mudah untuk Disetujui Visa Belajar Anda

Beberapa orang yang akan melanjutkan studi ke luar negeri pasti membutuhkan persiapan yang baik. Namun, masih banyak yang merasa siap 100% asalkan sudah mendapat Letter of Acceptance, pendanaan/beasiswa dan jaminan akomodasi. Padahal masih ada satu langkah yang perlu diperhatikan baik-baik: apply visa belajar. Jika ini gagal, kamu harus mengulang proses aplikasi dari awal dan mungkin harus membayar biaya lagi. berikut adalah Langkah mudah untuk disetujui Visa Belajar Anda

            Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang visa belajar di luar negeri.

Apa itu Visa Studi ?

Seperti namanya, Study visa adalah visa yang dibutuhkan seseorang ketika akan belajar (kuliah atau sekolah) di luar negeri. Fungsinya sama dengan visa biasa yaitu izin tinggal di negara yang bukan negara asal. Namun, itu hanya berlaku untuk belajar sambil menjalankan perguruan tinggi atau sekolah dalam jangka waktu tertentu. Tanpa visa ini, Anda tidak dapat menyelesaikan studi di negara tujuan, meskipun Anda telah diterima secara resmi di universitas tersebut. Visa ini khusus untuk studi, sehingga Anda tidak diperbolehkan melakukan kegiatan lain seperti bekerja, membuka usaha atau melakukan kegiatan politik resmi selama Anda menggunakan Visa ini. Meski memang di beberapa negara, misalnya di Belanda, Anda masih diperbolehkan melakukan kerja paruh waktu, dengan jam kerja yang minim.

Karena hanya berlaku selama masa studi (misalnya empat atau dua tahun studi), setelah studi Anda selesai, Anda juga harus segera pulang. Anda tidak dapat terus tinggal di sana dengan visa belajar. Jika Anda ingin tetap bekerja atau bepergian, Anda harus memperbarui izin tinggal Anda dengan membuat visa kerja atau visa kunjungan. Setiap negara memiliki kebijakan untuk visa belajar, jadi pastikan Anda mengecek terlebih dahulu di kedutaan/konsulat negara tujuan Anda apa nama atau jenis visa belajar di sana. Di Australia, visa belajar dibagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan jurusan yang akan Anda ikuti.

Setiap Negara Memiliki Persyaratan Yang Berbeda

Persyaratan atau tata cara pembuatan visa belajar di setiap negara bisa berbeda-beda, meskipun secara umum hampir sama. Beberapa negara mengharuskan Anda memiliki sertifikat bebas dari penyakit tertentu, dan beberapa negara mengharuskan Anda melampirkan sertifikat hubungan dengan orang yang membayar biaya kuliah Anda jika Anda tidak menggunakan beasiswa. Untuk itu, Anda harus menanyakan secara detail tentang persyaratan Visa Studi untuk negara yang Anda tuju. ini dia Langkah mudah untuk disetujui Visa Belajar Anda

Mengetahui Proses dan Biaya Pembuatan

Umumnya, proses pendaftaran dapat dilakukan secara online. Anda hanya akan mendapatkan panggilan untuk datang untuk melakukan proses penyerahan dokumen dan wawancara yang sebenarnya. Seperti Visa Kunjungan, mengajukan Visa Studi juga dikenakan biaya yang harus Anda melunasi saat Anda memulai proses aplikasi. Besaran pembayarannya sendiri berbeda-beda di setiap negara. Sedangkan untuk proses pembuatannya biasanya memakan waktu satu hingga tiga minggu, tergantung kedutaan atau konsulat. Langkah mudah untuk disetujui Visa Belajar Anda yang kedua.

Mengantisipasi Gagal Membuat Study Visa

Kesulitan dalam membuat Study visa relatif relatif. Prosesnya akan berjalan lancar jika Anda telah memenuhi semua persyaratan dokumen dengan benar dan menyelesaikan biayanya.

Namun biasanya banyak yang bermasalah bahkan gagal karena waktu penyerahan yang mepet, dan ternyata ada dokumen yang salah atau kurang, dan akhirnya tidak sempat diperbaiki. Untuk itu, daftarkan sedini mungkin, sehingga Anda memiliki cukup waktu jika ada masalah dengan persyaratan dokumen.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk proses wawancara. Tunjukkan bahwa kamu siap belajar dan tinggal di tanah air dengan menguasai materi atau ilmu tentang universitas dan program studi yang kamu pilih. Jelaskan bahwa Anda tidak pergi ke sana untuk belajar, bukan karena Anda ingin tinggal dan bepergian.

Setelah Anda mengetahui tentang visa belajar, alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara agar bisa belajar Anda disetujui sepenuhnya, Anda dapat melihat lima langkah ini.

1. Periksa Sertifikat Bahasa Anda

Anda memerlukan sertifikat bahasa untuk mengajukan visa belajar di luar negeri.

Tergantung pada bahasa program studi Anda, negara tujuan Anda mungkin mengharuskan Anda untuk melampirkan sertifikat hasil tes bahasa seperti IELTS atau GDS untuk mengajukan Visa. Namun perlu diingat bahwa beberapa sertifikat tes bahasa memiliki masa berlaku. Misalnya, sertifikat TOEFL dan TCF hanya berlaku selama dua tahun. Saat mengirimkan, hasil tes Anda harus masih valid. Jika tidak, Anda harus mengulang tes.

Beberapa tes bahasa memiliki jenis yang berbeda, jadi Anda harus mengikuti tes bahasa yang tepat. Misalnya, IELTS memiliki dua jenis tes: Akademik dan Umum. Untuk urusan kuliah, harus mengambil IELTS Academic. Berbeda dengan TOEFL yang terdiri dari 4 jenis yaitu IBT, CBT, PBT dan ITP. Sertifikat hasil keempat jenis tes ini bisa Anda gunakan untuk keperluan kuliah, namun jenis ITP biasanya tidak diakui secara internasional.

Jadi anda hanya bisa mengikuti tes ini jika universitas tujuan anda bersedia menerima sertifikat TOEFL ITP karena saat ini TOEFL ITP belum banyak digunakan oleh universitas di luar negeri.

2. Periksa Persyaratan Foto dan Dokumen

Baca dan ikuti semua persyaratan foto dan dokumen Visa sebaik mungkin. Jika foto Anda tidak sesuai dengan peraturan (mis. ukuran/warna latar belakang salah) atau dokumen Anda tidak lengkap, aplikasi Anda dapat ditolak, dan Anda harus mengulang dari awal.

Anda dapat mengunjungi studio dengan pengalaman membuat foto Visa untuk menghindari masalah foto.

Untuk membantu kelengkapan dokumen, Anda bisa membuat file checklist yang memuat informasi biaya, syarat dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan dokumen tersebut. Dokumen-dokumen tersebut antara lain,

  1. Paspor yang masih berlaku (minimal enam bulan)
  2. KTP/Kartu Keluarga/akte kelahiran
  3. Formulir Aplikasi Visa
  4. Surat Penerimaan dari Universitas tujuan
  5. Pas Foto
  6. Bukti jaminan keuangan seperti beasiswa/sponsor studi, atau jika menggunakan biaya pribadi, lampirkan bukti kesanggupan dana untuk membiayai studi
  7. Bukti Pembayaran Visa
  8. Ijazah Pendidikan Terakhir
  9. Hasil Skor Tes Bahasa inggris atau bahasa negara yang diminati

3. Periksa Halaman Kosong Di Paspor

Pastikan ada 4-6 halaman kosong di paspor Anda. Memang bisa belajar hanya ditempel 1 halaman, namun banyak negara yang mensyaratkan setidaknya dua lembar kosong yang saling berhadapan di paspor untuk proses aplikasi Visa. Jika tidak ada lembar kosong pada saat penyerahan, Anda akan diminta untuk memperbaharui paspor Anda. Ini, tentu saja, akan menunda proses Visa Anda.

Selain itu, periksa juga masa berlaku paspor Anda. Beberapa negara mengharuskan paspor Anda berlaku setidaknya 6 bulan sejak tanggal Anda memasuki negara tersebut untuk persetujuan Visa.

4. Jadwalkan sedini mungkin untuk mengajukan visa belajar

Visa studi mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk diproses. Oleh karena itu, jadwalkan aplikasi Visa secepatnya di kedutaan/konsulat negara tujuan Anda. Jika waktu pengajuan terlalu dekat dengan tanggal keberangkatan, ada kemungkinan Visa Anda belum diproses pada hari H.

Saat menjadwalkan, konfirmasikan lokasi aplikasi Visa.

Hal ini perlu diperhatikan karena beberapa kedutaan telah mendelegasikan pengurusan Visa ke lembaga lain, seperti visa studi Inggris yang hanya dapat diajukan di VFS Global.

5. Terjemahkan dan Fotokopi Semua Dokumen

Semua dokumen dalam bahasa Indonesia yang merupakan bagian dari persyaratan Visa harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah. Beberapa kedutaan/konsulat memiliki daftar penerjemah tersumpah yang dapat Anda hubungi untuk menerjemahkan dokumen Anda. Namun, jika penerjemah dalam daftar sibuk, Anda juga dapat mencari layanan penerjemah bersertifikat lainnya di situs Asosiasi Penerjemah.

Langkah ini perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum jadwal aplikasi Visa Anda, sehingga ada waktu untuk revisi jika ada kesalahan terjemahan. Beberapa kedutaan/konsulat akan meminta dokumen asli dan fotokopi untuk persyaratan Visa. Selain memastikan fotokopinya jelas, Anda juga harus mengecek apakah fotokopi perlu dilegalisasi oleh instansi tertentu. Pada saat menyerahkan, mintalah konfirmasi kepada petugas penerima berkas bahwa fotokopi dapat diterima.

Sebagai tindakan pencegahan, Anda sebaiknya menyimpan salinan semua berkas aplikasi Visa karena ada kemungkinan Anda memerlukan informasi yang terdapat di sana.

Jadi, persiapkan rencana studi ke luar negeri Anda dengan matang, dan semoga tips diatas bermanfaat bagi anda yang ingin bisa belajar anda segera disetujui. Merasa sulit untuk mengajukan visa belajar? Jangan khawatir, IStudentPlus juga dapat membantu Anda mengajukan visa belajar sampai Anda mendapatkannya. Jadi tunggu apa lagi, hubungi kami, dan semuanya akan mudah.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Related Posts

Scroll to Top