Inspirasi Diri Anda untuk Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris adalah perjalanan panjang.

Tanyakan kepada beberapa penutur bahasa Inggris yang fasih di sekitar Anda berapa lama waktu yang mereka perlukan untuk berbicara bahasa tersebut dengan baik seperti ini. Dari sana, Anda dapat lebih memahami dan membuat tujuan belajar bahasa Inggris Anda menjadi lebih realistis.

Jika Anda menetapkan tujuan untuk berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris dalam waktu empat bulan (level Anda saat ini adalah level pemula), Anda akan sangat kecewa. Alasannya adalah Anda menetapkan tujuan yang salah sejak awal, dan tidak ada yang bisa melakukan apa yang Anda tentukan.

Sementara itu, jika Anda menentukan bahwa belajar bahasa Inggris adalah tujuan jangka panjang, ketahuilah bahwa orang-orang di sekitar Anda membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar (dan masih harus ditingkatkan). Pada saat itu, Anda akan lebih memahami waktu yang dibutuhkan untuk belajar dan tidak akan kecewa lagi jika perjalanan studi Anda memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Memahami sifat dari berbagai hal akan membantu Anda untuk tetap bersemangat dalam perjalanan belajar bahasa Inggris Anda. Karena kamu tahu sebagian orang sudah membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan tujuan yang kamu tetapkan.

Selalu ingat mengapa Anda mulai belajar bahasa Inggris setiap kali Anda bosan dan ingin menyerah

Selanjutnya, Anda harus mengidentifikasi dengan pemikiran bahwa hidup ini tidak datar. Kadang senang dan kadang sedih, kadang senang dan kadang sulit. Belajar bahasa Inggris juga sama. Kadang menyenangkan, dan kadang membuat stres. Terkadang mudah, dan terkadang tidak mudah. Terkadang Anda bisa belajar setiap hari. Namun terkadang Anda sakit, sibuk bekerja, merasa tidak enak badan, dan Anda hanya bisa belajar 2-3 kali seminggu. Di luar itu, ada minggu-minggu ketika Anda terlalu sibuk untuk belajar.

Bagaimanapun, ini adalah hidup kita. Belajar adalah perjalanan panjang, bukan hanya belajar beberapa bulan.

Oleh karena itu, ketika menghadapi kendala objektif atau subjektif, ingatlah mengapa Anda mulai belajar bahasa Inggris dan kembali melanjutkan tujuan tersebut. Jika Anda terus berjalan, Anda perlahan akan mencapai tujuan Anda.

Suatu kebiasaan akan terbentuk atau hilang setelah 21 hari terus-menerus melakukan atau tidak melakukannya

Trik kecil untuk mempertahankan kebiasaan adalah melakukannya dalam 21 hari (sains membuktikan bahwa 21 hari adalah waktu bagi orang untuk membentuk kebiasaan). Anda harus memiliki lembar pelacakan. Setiap hari saya belajar bahasa Inggris; Anda memeriksanya sampai 21 hari sudah cukup. Melakukan hal itu juga akan memberi Anda sedikit rasa pencapaian setelah 21 hari bermalas-malasan. Namun, ada baiknya jika Anda ingat bahwa suatu kebiasaan juga akan berhenti kecuali Anda melakukannya dalam 21 hari.

Jika Anda sibuk dengan pekerjaan atau memiliki masalah yang mengganggu belajar, usahakan untuk kembali sebelum periode 21 hari hari ini. Karena jika Anda kehilangan kebiasaan itu, Anda perlu 21 hari lagi untuk memulai rutinitas baru lagi.

21 hari ini adalah waktu yang paling menantang untuk mulai membentuk pola. Ketika Anda melewati waktu ini, Anda secara bertahap akan melakukan pekerjaan Anda secara otomatis. Namun, untuk memperkuat kebiasaan dan dengan demikian menjaga motivasi belajar bahasa Inggris, Anda harus melakukannya terus menerus selama 90 hari. Setelah itu, Anda akan percaya diri untuk terus belajar bahasa Inggris.

Jadikan kebiasaan itu jelas, spesifik, dan mudah diikuti

Secara khusus, Anda harus menghindari terburu-buru untuk belajar, kegembiraan yang tinggi di beberapa hari pertama dan antusiasme yang rendah di hari-hari berikutnya. Pemenang lomba maraton jarak jauh tidak pernah kehilangan kekuatannya di tahap awal. Mereka tidak memimpin sejak awal tetapi menyamai energi untuk seluruh perjalanan. Kemudian, mereka akan menggunakan semua kekuatan mereka untuk berlari ke babak final dan memenangkan keseluruhan.

Terapkan ini untuk belajar bahasa Inggris. Pada awalnya, yang terbaik adalah belajar selama 15-30 menit. Bahkan jika Anda bersemangat, Anda seharusnya hanya tahu sedikit. Ini akan membuat Anda lebih mudah menyerah karena Anda secara bersamaan menghadapi banyak masalah dan kesulitan. Di sisi lain, mari biasakan belajar bahasa Inggris setiap hari dengan mudah.

Luangkan waktu 15 menit untuk belajar, setelah 15 menit itu, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Ini akan membantu Anda mempertahankan kebiasaan jangka panjang dan tahan lama.

Jika Anda memaksakan diri untuk belajar 2-3 jam sehari, Anda akan merasa tertekan, lelah, dan takut ketika harus berpikir untuk belajar bahasa Inggris setelah seminggu atau lebih. Jika Anda ingin membuat kebiasaan bertahan lama, buatlah itu terlihat mudah.

Prinsip “Menyelesaikan dengan lebih baik daripada mencari kesempurnaan.”

Prinsip penting lainnya adalah yang Menyelesaikan dengan lebih baik daripada mencari kesempurnaan. Kamu dan temanmu harus membuat laporan, dan batas waktunya adalah akhir bulan. Teman Anda ingin membuat esai yang ideal dengan data yang lengkap dan analisis yang tepat tetapi terlalu fokus pada kesempurnaan. Teman Anda masih harus menyelesaikan laporannya ketika tenggat waktu tiba dan tidak dapat mengirimkannya. Sementara itu, Anda fokus untuk memenuhi informasi terlebih dahulu, dan kemudian jika ada waktu, Anda akan mencari lebih banyak data dan menganalisisnya lebih detail. Akibatnya, meskipun laporannya bisa lebih baik, Anda telah mengirimkannya tepat waktu. Berbeda dengan Anda, teman Anda belum memberikan informasi, dan bos hanya akan tahu bahwa teman Anda adalah orang yang tidak menyelesaikan tugasnya, sesempurna apapun laporannya. Dan Anda adalah orang yang tepat waktu, menyelesaikan tugas yang diberikan.

Belajar bahasa Inggris sama saja. Jika Anda ingin menulis esai 1000 kata, tulislah, tulislah secepat mungkin. Harap jangan menunggu sampai Anda memiliki ide bagus dan melengkapi dokumentasi untuk menulisnya.

Menunggu bisa memakan waktu lama tanpa menyelesaikan apapun—dengan cara ini saat Anda menulis sepuluh esai yang tidak cukup bagus. Namun, berkat sepuluh esai ini, Anda telah mengumpulkan pengalaman, jadi esai ke-11 Anda luar biasa. Untuk mempertahankan kebiasaan tersebut, Anda perlu menyelesaikan sedikit setiap hari, bukan menunggu sampai Anda merasa sempurna dan terinspirasi serta memiliki semangat untuk melakukannya. Kesempurnaan terletak pada kebiasaan dan latihan dari kecanggungan dan kegagalan sebelumnya, bukan langkah menuju model.

Dari penjelasan diatas, belajar bahasa Inggris adalah sebuah perjalanan panjang. Untuk menjadi mahir dalam bahasa Inggris, Anda perlu tahu lebih banyak, meningkat setiap hari, dan tidak belajar selama beberapa bulan, lalu selesai. Oleh karena itu, menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai kebiasaan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjaga motivasi belajar bahasa Inggris. Ini untuk membuat belajar bahasa Inggris mandiri sebagai rutinitas sehari-hari.

Namun, jika cara ini gagal, Anda dapat mengikuti kursus bahasa Inggris kami di iStudent Plus, di kota Makassar. iStudent Plus merupakan program studi yang telah bekerjasama dengan institusi luar negeri. Lembaga ini telah bekerjasama dengan sekolah luar negeri bernama BeSpoke Grammar, di bawah naungan Australian Institute of Business and Technology (AIBT). Kemudian sertifikat yang dikeluarkan oleh iStudent Plus bersertifikat internasional karena telah bekerjasama dengan BeSpoke Grammar dari Australian Institute of Business and Technology (AIBT).

Kami menawarkan kelas untuk tingkat pemula hingga mahir. Apa yang kamu tunggu? Mari kita jadikan kebiasaan ini dan bergabunglah bersama IStudentPlus.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Related Posts

Scroll to Top