Kisah Sukses: Australia Mewujudkan Impian Pak Hasrul

Saya tidak pernah menyangka akan menghabiskan empat tahun belajar di negara kanguru, Australia.

Bagaimana saya tahu tentang belajar di luar negeri?

Saat itu saya tidak sengaja mengikuti program Magang yang dibuka oleh Universitas Negeri Makassar pada tahun 2014. Saya mendapat informasi tentang program tersebut dari seorang teman di komunitas belajar bahasa Inggris. Tanpa pertimbangan lebih lanjut, saya merasa yakin bahwa kesempatan ini adalah cara tercepat bagi saya untuk bisa kuliah di luar negeri melalui program ini.

Sekitar bulan September 2014, saya akhirnya terbang ke Australia setelah mendaftar di salah satu perguruan tinggi tertua di Sydney, Australia, SBTA (The Sydney Business and Travel Academy), jurusan Advanced Diploma of Hospitality Management. Saya mengambil jurusan ini karena saya tertarik dengan perhotelan; itu adalah hasrat saya.

Kenapa saya memilih jurusan perhotelan?

Mengambil manajemen perhotelan tingkat lanjut membantu saya meningkatkan keterampilan saya dalam manajemen hotel. Karena saya ingin menjadi pengawas di masa depan, kursus itu memenuhi syarat untuk karir saya. Kualifikasi kursus ini adalah untuk individu yang berencana untuk beroperasi di tingkat senior yang ingin menggunakan pengetahuan industri yang substansial dan keterampilan manajerial khusus yang luas. Siswa harus bekerja secara mandiri, bertanggung jawab atas orang lain, dan membuat keputusan bisnis strategis.

Bagaimana dengan bekerja di Australia sebagai pelajar?

Saya mendapat pekerjaan kurang dari seminggu setelah tiba di Australia. Saat itu, saya mendapat rekomendasi pekerjaan dari seorang teman yang belajar sambil bekerja di Australia. Jadi buat kamu yang berencana kuliah sambil kerja di Australia, kamu perlu menghubungi dan mendekati teman-temanmu di Australia. Mencari pekerjaan akan lebih mudah jika mendapat rekomendasi dari teman yang bekerja di hotel atau perusahaan tersebut.

Pekerjaan pertama saya adalah sebagai pelayan kamar di sebuah hotel di Sydney Central. Sebagai petugas kamar, saya bekerja sebagai bagian dari tim pelayanan tata graha di sebuah hotel. Tugas saya meliputi pembersihan dan sanitasi kamar, lorong, tangga, dan area tamu. Saya membersihkan furnitur, mencuci jendela, menyedot karpet, membersihkan kamar mandi, mengganti seprai, dan mengganti handuk. Cukup melelahkan, tetapi saya senang karena saya dapat membiayai studi saya dan menutupi biaya hidup saya selama di Australia dengan bekerja sebagai pramugari. Saya bahkan bisa mengirim uang ke orang tua saya di Indonesia.

Ada pencapaian sejauh ini, Pak Hasrul?

Sebagian besar impian saya menjadi kenyataan. Setelah lulus kuliah, saya terpilih menjadi supervisor di hotel saya. Saya berada pada tingkat yang wajar dalam bekerja dan belajar; Saya dapat mengatur waktu belajar dan bekerja dengan baik.

Saya mendapat promosi menjadi supervisor housekeeping di sebuah hotel bintang empat di Sydney dan mengawasi lebih dari sepuluh staf pada saat itu. Sebagai pengawas rumah tangga, saya bertanggung jawab untuk memastikan bahwa standar kebersihan terpenuhi. Saya menugaskan tugas, memeriksa pekerjaan untuk memastikan semuanya berjalan normal, dan memberikan pelatihan tentang cara terbaik menangani permintaan pelanggan. Saya sangat bangga dengan apa yang telah saya pelajari dan capai.

Kenapa pulang ke Makassar?

Saya kembali ke rumah pada tahun 2018. Saya pergi selamanya karena studi saya selesai, dan saya ingin tinggal dekat dengan keluarga saya. Harus saya akui bahwa dengan bekerja paruh waktu di Australia dan dengan semua kerja keras mempertahankan keseimbangan kehidupan kerja-belajar, saya akhirnya dapat menghemat uang dan membeli rumah pribadi, kendaraan yang nyaman, dan beberapa aset. Selanjutnya, saya mengajar di salah satu perguruan tinggi di kota saya dan telah memajukan karir saya sebagai dosen sejak saat itu.

Apakah Anda akan merekomendasikan semua orang untuk belajar di Australia?
Saya akan sangat menyarankan semua orang untuk belajar di Australia. Saya harap cerita saya dapat membantu siapapun yang ingin belajar dan bekerja di Australia.


Jika Anda tidak yakin tentang belajar dan bekerja di Australia? Jangan khawatir. IStudentPlus juga dapat membantu Anda dengan semua yang Anda butuhkan untuk meneliti dan mencari pekerjaan di Australia. Jadi tunggu apa lagi, hubungi kami dan semuanya akan beres!

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Related Posts

Scroll to Top