Level manakah Anda dalam bahasa Inggris? Lihat Ini!

Pernahkah Anda merasa bingung dengan kemampuan berbahasa Inggris Anda? Anda mungkin tidak pernah ragu untuk menentukan apakah kemampuan Anda masih tergolong Pemula, menengah, atau bahkan mahir. Dengan mengetahui CEFR, Anda dapat mengatasi masalah ini. Di CEFR, enam level bisa dijadikan acuan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris Anda. Penasaran apa itu CEFR dan apa saja levelnya? Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel di bawah ini!

Kenali CEFR

Kerangka Referensi Umum Eropa

CEFR adalah singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages, sebuah standar internasional yang digunakan untuk menilai kemahiran atau kemampuan bahasa seseorang yang dipraktikkan secara luas di Eropa. CEFR berlaku untuk beberapa bahasa, salah satunya adalah bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris seseorang baik secara pasif maupun aktif dapat diukur dengan standar ini.

Selain CEFR, ada juga beberapa standar internasional untuk menggambar.

6 Nilai CEFR

Ada enam tingkatan dalam CEFR, yaitu: A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advanced, dan C2 Proficient.

1. A1 Pemula

Level pertama CEFR adalah A1 atau pemula. Seseorang yang berada pada level ini memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mendasar. Memahami dan menggunakan bahasa Inggris hanya tentang kosakata umum dan kalimat sederhana.

2. A2 Dasar

Pada CEFR tingkat kedua, disebut A2 atau SD, kemampuan bahasa Inggris seseorang tercermin dalam interaksi bahasa Inggris yang terbatas. Jadi, orang dengan tingkat A2 atau SD dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, tetapi pembahasannya hanya mencakup hal-hal tertentu yang telah dikuasai. Misalnya, seseorang yang dapat memahami cerita pendek yang didengarnya dan seseorang yang dapat menceritakan tentang lagu kesukaannya.

3. B1 Menengah

Melangkah ke tingkat berikutnya, tingkat ketiga, dikenal sebagai perantara B1. Pada level ini, seseorang dapat berbicara bahasa Inggris secara pasif dan aktif dengan topik yang lebih bervariasi dari pada level sebelumnya, baik dalam situasi informal maupun formal (namun terbatas). Contohnya termasuk berbicara tentang tujuan dan gaya hidup dan menghadiri wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

4. B2 Menengah Atas

Pada tingkat keempat CEFR, Anda bisa menyebutnya B2 atau menengah ke atas. Seseorang pada level ini ditunjukkan dengan menguasai bahasa Inggris sesekali dengan sedikit kendala. Biasanya akan terlihat bahwa orang tersebut dapat memahami dan mempraktikkan bahasa Inggris yang relatif kompleks. Salah satu contohnya adalah mampu membuat teks tentang topik sosial dengan penjelasan yang detail.

5. C1 Lanjutan

Level kelima di CEFR adalah C1 lanjutan. Jika seseorang menempati level ini, dia dapat menggunakan bahasa Inggris untuk tujuan akademik dan profesional. Sangat mudah untuk memahami dan menerapkan bahasa Inggris di hampir semua kesempatan. Ia dapat mengungkapkan gagasannya dalam bentuk lisan dan tulisan terkait berbagai topik secara spontan, lancar, dan percaya diri.

6. C2 Profesional

C2, atau profesional/pakar, adalah tingkat keenam dan terakhir dari CEFR. Seseorang pada level ini memiliki kedudukan yang setara dengan penutur asli. Artinya, yang bersangkutan dapat menggunakan bahasa Inggris dalam situasi dan kondisi apapun.

Jadi, kamu level yang mana? Setelah mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda, Anda dapat menyesuaikan apa yang perlu Anda pelajari untuk terus berkembang.

Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris dengan hasil maksimal tetapi tetap menyenangkan, bergabunglah IStudentPlus ! Kami memiliki guru profesional dan metode menarik yang akan memberi Anda pengalaman berbeda dan menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris.

Sampai jumpa di kelas!

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Related Posts

Scroll to Top